Panduan pemula: Semua yang perlu Anda ketahui tentang streaming TV

Panduan pemula: Semua yang perlu Anda ketahui tentang streaming TV – Baik itu musim terbaru Stranger Things atau tagihan kabel yang tidak terkendali, ada banyak alasan untuk menambahkan beberapa streaming ke diet TV Anda.

Panduan pemula: Semua yang perlu Anda ketahui tentang streaming TV

copper-gate – Faktanya, semakin sulit untuk menonton TV tanpa streaming. 2018 menandai tahun pertama bahwa ada lebih banyak acara TV asli bernaskah pada layanan streaming daripada siaran dan kabel dasar, dan studi Deloitte baru-baru ini menemukan bahwa lebih banyak konsumen A.S. sekarang berlangganan layanan streaming daripada langganan TV berbayar tradisional.

Melansir allconnect, Jika Anda belum ikut-ikutan streaming, opsinya bisa terasa sedikit berlebihan. (Dalam beberapa hal, ada lebih dari 200 layanan streaming yang dapat dipilih di A.S.) Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin bertanya, apa itu streaming? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : Keuntungan Streaming Tv Online

Semua yang Anda butuhkan untuk memulai streaming

Meskipun streaming TV bisa tampak seperti upaya yang rumit, Anda mungkin sudah memiliki semua yang Anda butuhkan di rumah. Bahkan jika tidak, Anda tidak perlu menghabiskan lebih dari $50 untuk menyiapkannya.
Internet cepat

Pengalaman streaming yang menyenangkan dimulai dengan koneksi internet Anda. Dalam panduan kecepatan internet kami, kami merekomendasikan beberapa minimum berbeda untuk berbagai jenis streaming:

  • Untuk streaming video dalam definisi standar (SD), disarankan setidaknya 3 Mbps.
  • Untuk streaming video dalam definisi tinggi (HD), disarankan setidaknya 5 Mbps.
  • Untuk streaming video dalam HDR atau 4K, disarankan setidaknya 25 Mbps.

Tidak yakin jenis streaming apa yang akan Anda lakukan? Ada kemungkinan bagus itu HD.

Resolusi definisi standar adalah dinosaurus pada saat ini. Terakhir kali acara TV disiarkan dalam SD adalah tahun 2014, dan sebagian besar TV mulai diproduksi dalam HD, bukan SD, sekitar tahun 2009 ketika FCC mengamanatkan bahwa semua sinyal TV ditransmisikan secara digital.

Saat ini, TV SD tidak lagi diproduksi, dan Netflix adalah satu-satunya layanan streaming utama yang bahkan menawarkan paket SD — sebagian besar sebagai cara untuk mempromosikan harga awal yang lebih rendah.

TV 4K ada di ujung spektrum yang berlawanan. Mereka menghasilkan gambar terbaik yang dapat dibeli dengan uang, dan dengan demikian, mereka lebih menekankan pada koneksi internet Anda.

Sebagian besar TV masih termasuk dalam kategori HD. Anda harus menargetkan kecepatan unduh setidaknya 5 Mbps, tetapi jumlah itu harus naik lebih tinggi lagi jika lebih dari satu perangkat terhubung pada satu waktu. Gunakan tes kecepatan kami di bawah ini untuk melihat apa yang Anda dapatkan saat ini.

Perangkat streaming, TV pintar, atau konsol game

Setelah Anda memiliki koneksi internet yang cukup cepat, Anda memerlukan cara untuk mengakses layanan streaming di TV Anda. Ada tiga cara umum untuk melakukan ini:

Perangkat streaming seperti Roku dan Amazon Fire TV berharga sekitar $40, sambungkan ke port HDMI TV Anda dan memberi Anda akses ke setiap layanan streaming yang bisa dibayangkan. Luasnya aplikasi streaming yang tersedia adalah daya tarik utama; sementara TV pintar Anda mungkin tidak memiliki HBO Now bawaan, misalnya, setiap perangkat streaming utama memilikinya. Mereka juga menyediakan antarmuka yang mudah dinavigasi dan kemampuan untuk mencari judul di setiap layanan streaming.

Smart TV adalah cara paling populer bagi orang Amerika untuk mengakses layanan streaming, dengan 31% menggunakan metode ini. Jika Anda telah membeli TV dalam 10 tahun terakhir, kemungkinan itu dianggap “pintar” — yaitu, terhubung ke internet dan memiliki aplikasi streaming bawaan. Sayangnya, itu mungkin tidak memiliki setiap aplikasi yang Anda inginkan dan seringkali tidak ada cara untuk menambahkan yang baru.

Konsol game adalah metode streaming populer lainnya, tetapi ini benar-benar penggunaan sekunder. Jika Anda belum memilikinya, tidak ada gunanya menghabiskan $300+ hanya untuk streaming video.

Haruskah saya mendapatkan perangkat streaming jika saya sudah memiliki TV pintar?

Ada dua keuntungan utama menggunakan perangkat streaming dibandingkan opsi bawaan di TV pintar Anda: Anda akan mendapatkan akses ke lebih banyak layanan streaming dan antarmuka serta sistem pencarian yang lebih ramah pengguna.

Sebagian besar TV pintar dilengkapi dengan beberapa aplikasi streaming yang sudah diinstal sebelumnya, dan Anda mungkin tidak dapat menambahkan lebih dari itu. Jika Anda ingin menonton Mulan, katakanlah, tetapi Disney+ tidak ada di TV Anda, Anda kurang beruntung.

Perangkat streaming juga menyediakan ekosistem yang lebih baik untuk semua aplikasi streaming Anda. Mereka mempermudah navigasi bolak-balik antar layanan, dan memungkinkan Anda mencari judul di setiap aplikasi yang tersedia di perangkat.

Jika Anda mencari Jaws di perangkat streaming, misalnya, itu akan menunjukkan kepada Anda bahwa Jaws tersedia secara gratis dengan berlangganan HBO Max, tetapi juga untuk disewa melalui aplikasi seperti Amazon Video dan Vudu. Ini menghemat banyak waktu Anda mencari melalui aplikasi individual, serta uang yang mungkin Anda habiskan untuk menyewa film yang sudah termasuk dalam salah satu langganan Anda.

Anda masih dapat melakukan streaming di TV lama tanpa port HDMI

Jika Anda memiliki TV SD lama tanpa port HDMI, Anda masih dapat melakukan streaming dengan peralatan yang tepat. Roku adalah satu-satunya produsen perangkat streaming yang membuat perangkat (Roku Express+) yang berfungsi dengan jack komposit merah, kuning, dan putih yang ditemukan di TV lama.

Selain itu, Anda juga dapat membeli adaptor HDMI ke RCA untuk mengonversi TV Anda. Ini memungkinkan Anda menggunakan perangkat streaming apa pun yang Anda inginkan, tetapi ada keluhan tentang ini yang tidak berfungsi dengan baik dengan layanan streaming. Kami merekomendasikan pergi dengan Roku jika Anda memiliki TV yang lebih tua.

Bagaimana memulai streaming

1. Colokkan perangkat streaming Anda

Jika Anda akan menggunakan TV pintar, Anda dapat melompat ke langkah kedua. Hampir semua perangkat streaming dicolokkan ke port HDMI TV Anda — dan biasanya juga stopkontak. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencolokkan perangkat, mengalihkan TV Anda ke input HDMI yang Anda gunakan dan mulai mengikuti petunjuk yang muncul di layar.

2. Sambungkan ke internet

Setelah Anda mencolokkan perangkat streaming Anda, Anda harus masuk ke jaringan Wi-Fi rumah Anda. Beberapa perangkat — seperti Amazon Fire TV Stick 4K dan Google Chromecast Ultra — juga memiliki kemampuan untuk terhubung langsung ke modem internet Anda menggunakan kabel Ethernet. Ini biasanya memberikan koneksi yang lebih andal, sehingga Anda akan mengalami lebih sedikit buffering pada streaming Anda.

3. Masuk ke aplikasi streaming

Layanan streaming populer seperti Netflix dan Hulu akan diunduh sebelumnya ke TV pintar atau perangkat streaming Anda, tetapi jika Anda ingin menonton layanan khusus seperti Shudder atau The Criterion Channel, Anda mungkin harus mengunduhnya sendiri.